Yuk Simak 6 Karakteristik Madu Asli yang harus Anda Tahu Disini

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tidak semua jenis madu di pasaran adalah madu yang murni atau asli. Terdapat banyak madu yang telah dicampur dengan bahan lain dan dapat dikatakan madu palsu yang beredar saat ini. Hal tersebut tentu dilakukan demi memperoleh keuntungan di dalam dunia bisnis. Berikut ini mari simak beragam karakteristik dari madu asli disini.

Beragam Karakteristik Madu yang Murni atau Asli
1. Cairan Madu Tidak Lengket
Karakteristik madu yang pertama adalah cairan madu yang tidak lengket. Anda dapat melihatnya dengan menggunakan jari dan menggosok cairan madu tersebut. Jika madu tersebut asli adalah maka cairan yang ada akan cenderung tidak lengket. Sementara untuk madu yang kw akan lebih lengket. Hal ini dikarenakan madu yang palsu tersebut mengandung bahan tambahan dan bahan pemanis.

2. Cairan Madu Terlihat Sangat Kental
Hal lain yang dapat diperhatikan untuk melihat keaslian sebuah madu ialah dari kekentalan cairan tersebut. Pada madu yang asli akan terlihat lebih kental saat botol madu digerakkan. Sementara untuk madu yang palsu akan terlihat mudah bergerak dan terlihat ringan. Cukup dengan menggerakkan botol madu yang ada, Anda sudah dapat membedakan madu yang palsu dengan madu asli tanpa tambahan apapun di dalamnya.

3. Madu dapat Mengalir dengan Baik
Biasanya di dalam madu yang palsu akan memiliki kandungan air lebih banyak daripada madu yang asli. Madu yang asli tersebut dapat memiliki kandungan air hingga di atas 20%. Hal tersebut pula yang dapat membuat madu kw ini akan terputus putus saat sedang dituangkan. Sementara untuk madu yang asli dapat mengalir dengan baik karena cairanya yang kental. Kekentalan tersebut karena kadar airnya yang lebih sedikit yaitu sekitar 14%.

4. Tidak Mudah Larut di Dalam Air
Karakteristik madu yang asli selanjutnya adalah tidak akan mudah larut di dalam air. Anda hanya perlu menyiapkan satu gelas berisi air dan juga sendok serta madu yang akan diuji dalam melakukan cara ini. Tuangkan satu sendok makan madu ke dalam gelas berisi air tersebut. Jika cairan madu turun ke dasar gelas dan cenderung sulit dicampur dengan air, maka dapat dipastikan bahwa madu tersebut adalah madu asli.

5. Memiliki Rasa dan Warna yang Khas
Rasa dan warna dari cairan madu adalah salah satu indikator untuk membedakan jenis madu ini dari yang asli dengan yang palsu. Jika dirasakan, rasa madu yang asli tidak akan tertinggal di lidah seperti madu kw. Warna madu sendiri juga dapat dipengaruhi pula oleh jenis bunga yang ada. Warna gelap yang ada pada cairan madu tersebut juga menandakan kandungan ph dan mineral yang tinggi di dalamnya.

6. Cairan Madu Terlihat Kurang Jernih
Tingkat kejernihan cairan madu juga merupakan hal lain yang dapat dijadikan tolak kur keaslian madu. Madu yang palsu akan cenderung memiliki cairan yang lebih jernih dan terlihat bersih. Namun pada madu asli akan terlihat sedikit kurang jernih karena kandungan pollen di dalamnya. Akan tetapi tidak semua cairan madu yang jernih adalah madu palsu, karena terdapat pihak yang menyaring madu yang asli agar lebih menarik.

Terdapat beberapa karakteristik madu murni atau asli yang dapat Anda perhatikan. Mulai dari tingkat kejernihan, kekentalan, rasa, dan juga warna. Dengan mengetahui bagaimana karakteristik asli dari cairan madu tersebut diharapkan dapat menghindarkan Anda dari kasus penipuan yang marak terjadi. Karena madu yang asli sendiri tentu memiliki kandungan yang lebih baik daripada madu yang palsu.
Yuk Simak 6 Karakteristik Madu Asli yang harus Anda Tahu Disini Yuk Simak 6 Karakteristik Madu Asli yang harus Anda Tahu Disini Reviewed by Aneka Resep on 19.08 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.