Jenis Servis yang Didapatkan dari Dealer Motor Resmi Yamaha

Pembelian motor di dealer motor resmi jauh lebih menguntungkan. Saat pembelian motor Yamaha baru Anda akan mendapatkan bonus jasa servis yang diberikan. Caranya dengan membawa buku garansi setiap kali akan melakukan servis. Ada peraturan untuk bisa menggunakan jasa servis yang diberikan dari pihak dealer.

Penggantian Oli
Ketika Anda menggunakan servis gratis dari garansi motor Yamaha, pada waktu pertama servis yang dilakukan hanya penggantian oli. Waktu servis ini ketika motor yang Anda bawa sudah memenuhi syarat 1000km atau sudah melewati waktu 1 bulan. Manfaat ganti oli ini dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa gram yang ada di dalam mesin motor saat proses produksi.

Pergantian oli juga bermanfaat untuk mengurangi gesekan pada komponen mesin pada motor. Oli juga berguna sebagai pendingin dari panas pembakaran yang terjadi saat motor berjalan. Hal ini membuat motor yang digunakan perlu dilakukan penggantian oli secara rutin. Saat masih baru memang efek dari tidak mengganti oli tak terlihat.

Ketika kebiasaan buruk tidak mengganti oli diteruskan atau dibiarkan dalam waktu lama akan menimbulkan getaran dan suara berisik.

Suara ini berasal dari benturan piston motor, batang piston, dan bagian poros engkol. Oli juga berfungsi sebagai pelumas yang anti karat. Contoh oli yang digunakan pada dealer motor resmi adalah Yamalube Power Matic sebanyak satu liter. Oli yang digunakan akan selalu oli original untuk motor Yamaha.

Penggantian Saluran Bahan Bakar
Saat motor Anda nantinya sudah melewati jarak tempuh 4000km atau sudah digunakan selama 4 bulan, maka akan diberikan servis yang kedua. Servis kali ini berupa penggantian oli, penggantian saluran bahan bakar, penggantian oli mesin, busi, dan kampas rem.

Waktu yang diperlukan akan lebih lama dari servis sebelumnya karena akan dilakukan pemeriksaan dengan teliti. Teknisi yang akan digunakan akan lebih ahli dari pada sebelumnya. Anda akan mendapatkan motor terasa baru kembali untuk dikendarai.

Khusus untuk busi akan dipertimbangkan dengan baik sudah harus diganti atau belum. Anda akan ditanyai apakah motor susah hidup atau pun mengalami mati secara tiba-tiba atau tidak. Jadi sebaiknya yang pergi untuk melakukan servis memang Anda yang biasa membawa motor tersebut.

Penggantian Komponen
Servis ketiga saat perjalanan jarak tempuh sejauh 7.000 km atau selama 7 bulan. Pada servis kali ini Anda akan mendapatkan fasilitas dengan penggantian komponen yang rusak pada motor. Contohnya adalah celah klep yang akan diperiksa longgar atau tidak. Setelah itu juga akan dilakukan pemeriksaan pada bagian sistem pembuangan ada penyumbatan atau tidak.

Pada tahap ini jika motor Anda jarang digunakan, maka pihak teknisi akan menyarankan untuk sering memanaskan mesin motor. Dari servis kedua sudah melewati masa 3 bulan maka akan kembali dilakukan pengecekan rem. Dilakukan penggantian jika sudah harus diganti.

Selain itu akan dilakukan servis mesin secara keseluruhan. Mulai dari klakson dan juga staternya. Anda bisa menyampaikan keluhan atau kerusakan yang dirasakan agar teknisi bisa lebih teliti melakukan pemeriksaan. Penyampaian Anda akan sangat membantu optimal atau tidaknya servis yang dilakukan.

Pada servis selanjutnya yang difasilitasi oleh pihak dealer kurang lebih akan sama dengan servis ketiga. Jangan lupa menanyakan ke pihak dealer motor lokasi dari bengkel yang bisa dikunjungi untuk melakukan servis. Anda bisa mempertimbangkan jarak dari rumah untuk memilih tempat yang terdekat. Jangan lupa untuk membawa buku garansi saat akan melakukan servis motor.
Jenis Servis yang Didapatkan dari Dealer Motor Resmi Yamaha Jenis Servis yang Didapatkan dari Dealer Motor Resmi Yamaha Reviewed by Aneka Resep on 02.49 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.