Ibu Perlu Tahu! Pertumbuhan Janin Normal Saat Mengandung

Menghadapi sebuah kehamilan terutama yang pertama, membuat ibu merasa sangat bahagia sekaligus dilanda kecemasan akan pertumbuhan janin yang ada di dalam perutnya. Berbagai macam pertanyaan selalu muncul ketika ibu berkonsultasi pada dokter kandungan. Perlu diketahui bahwa sebenarnya ibu bisa mengetahui kondisi kesehatan bayi dengan beberapa tanda selama kehamilan. Tentunya tandatanda tersebut bisa sedikit banyak melihat pertumbuhan kehamilan yang sedang dialami.

Berikut merupakan beberapa tanda mengenai pertumbuhan janin yang normal selama masa kehamilan.
1. Berat badan Naik dan lingkar perut
Salah satu tanda pertumbuhan janin yang sehat dapat dilihat dari kenaikan berat badan pada ibu sesuai usia kehamilan. Menurut panduan WHO, kenaikan berat badanyang  ideal selama masa kehamilan tergantung pada berat badan awal ibu. Jika berat badan ibu kurang, maa kenaikan yang direkomendasikan adalah 12-15 kg. Sedangkan jika berat badan ibu normal disarankan untuk menaikan berat antara 9-12 kg. Namun bagi ibu yang kelebihan berat badan, harus menaikan berat badan sebesar 6-9 kg. Kenaikan berat badan ini juga terjadi bertahap, sebaiknya kenaikan terjadi 1-2,5 kg pada trimester pertama kemudian 4-5 kg pada trimester kedua dan ketiga. Selain berat badan, ukuran lingkar perut serta rahim juga membesar sesuai dengan usia kandungan. Hal tersebut tentunya menandakan janin mengalami perkembangan tubuh.

2. Kehamilan 1 bulan, plasenta ,masih belum sempurna
Ketika pertumbuhan janin mulai tumbuh hingga sekitar 1 cm, beberapa organ tubuhnya mulai terbentuk. Seperti jantung, organ pencernaan, tulang belakang, serta tulang punggung. Perlu diingat jika plasenta belum terbentuk dengan sempurna. Itulah yang membuat janin masih rapuh dan tidak terlindungi. Sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi diterima melalui kantong kehamilan.

3. pada kehamilan 2 bulan, detak jantung mulai terdengar
 Saat usia mulai 2 bulan, pertumbuhan janin akan meenjadi sekitar 2,5 cm dan bisa bergerak. Organ jantung juga mulai berfungsi, karenanya ketika melakukan USG atau Fetal Doppler pada usia kehamilan 6-8 minggu bisa terdengar detak jantung janin. Detak jantungnya secara normal adalah 110-160 denyut per menitnya. Plasenta, mata, bibir, lidah, hidung, telinga sudah mulai terbentuk. Sementara otak, ginjal, hati dan alat kelamin bayi baru mulai tumbuh.

4. Tendangan dan pukulan dari dalam perut
Saat ibu merasakan tendangan dari janin, maka hal tersebut menandakan bahwa pertumbuhan janin yang dikandung sehat. Janin berarti mengalami pertumbuhan serta perkembangan tulang pada organ motorik nya. Ketika usia kandungan semakin tua, ibu harus menghitung intensitas tendangan dan pukulan tersebut. karena jika bayi jarang bergerak, maka bisa jadi sedang mengalami masalah kesehatan tertentu.

5. Pertumbuhan janin stabil
Setiap 3 minggu sekali, ibu akan mengunjungi dokter kandungan untuk melakukan konsultasi. Terutama jika sudah mendekati due date persalinan. Saat melakukan USG, anjang dan berat janin akan diukur, sehingga janin yang sehat biasanya mengalami kenaikan dalam ukuran tubuhnya. Kenaikan tersebut selalu stabil terjadi selama 9 bulan, hal tersebut berarti nutrisi janin telah terpenuhi. Ketika janin justru mengalami penurunan berat tubuh atau tidak mengalami kenaikan, maka perlu dicurigai ada yang salah terhadap penyerapan nutrisinya.

Selama proses kehamilan tentu ibu sudah tidak sabar untuk segera bertemu dengan buah hati tercinta. Tentunya ibu juga tidak berhenti memikirkan kondisi bayi dalam rahimnya, apakah nutrisinya sudah terpenuhi atau masih belum. Beberapa cara yang ada diatas bisa membantu ibu dalam melihat pertumbuhan janin dalam rahim masih normal selama dalam kandungan. Tentunya ibu juga harus melakukan USG dan memeriksakan kandungannya secara rutin kepada orang yang ahli dalam bidangnya.
Ibu Perlu Tahu! Pertumbuhan Janin Normal Saat Mengandung Ibu Perlu Tahu! Pertumbuhan Janin Normal Saat Mengandung Reviewed by Aneka Resep on 12.47 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.