5 Persiapan saat Ingin Renovasi Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai

Rumah 2 lantai tentu memiliki ruang yang jauh lebih luas dari rumah 1 lantai. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang mengubahnya untuk menambah jumlah ruang dalam rumah. Jika Anda juga termasuk salah satu orang yang memiliki rencana untuk renovasi rumah 1 lantai menjadi 2 lantai, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, yaitu sebagai berikut.

1. Mengecek Kekuatan Konstruksi
Bagaimanapun kondisi rumah 1 lantai yang Anda miliki atau baru beli, sebaiknya cek dulu konstruksinya, apakah memungkinkan untuk dibangun 2 lantai tanpa perlu renovasi total? cara mengeceknya yaitu dengan memeriksa kekuatan pondasi, sloof, kolom, dan balok.

Terkait pondasi, sebaiknya pastikan kedalamannya 90 cm atau lebih karena angka tersebut yang dianggap sebagai tolok ukur terbaik untuk menopang bangunan rumah 2 lantai. Jika syarat ini tidak bisa dipenuhi, Anda bisa menyiasatinya dengan menambah pondasi, terutama di luar pondasi lama.
Kemudian, jika tipe tanah sekitarnya labil, maka pondasinya harus lebih dalam lagi. Selanjutnya untuk sloof, ketebalan minimalnya adalah 20 cm. Sedangkan balok dan kolom, Anda bisa mengukur kekuatannya menggunakan pahat atau pengecekan tulangan.

2. Sesuaikan Tata Ruang Kedua Lantai
Sebuah balok kecil dari kertas tipis tentu tidak bisa menahan beban dari balok yang berukuran lebih besar. Oleh karena itu, Anda juga harus mempersiapkan hal ini. Buat rancang bangun yang benar-benar logis untuk direalisasikan. Artinya, hindari membangun lantai 2 yang luasnya melebih luas bangunan atau ruangan di lantai 1.

Selain pembagian beban antara ruangan di lantai 1 dan 2, Anda juga melakukan sinkronisasi antara sanitasi dari kedua lantai. Jadi, sebaiknya posisi kamar mandi di lantai 2 berada pada satu garis lurus vertikal dengan kamar mandi di lantai 1.

3. Memperkirakan Kelancaran Sirkulasi Udara
Sirkulasi udara kadang menjadi masalah jika pembangunannya tidak mengikuti tata bangun yang benar dan sehat. Kelancaran sirkulasi dipengaruhi oleh posisi tangga, pilar penopang, serta ketinggian atau jarak antara lantai 1 dengan lantai 2.

Selain itu, sebaiknya pengaturan sirkulasi ini disesuaikan dengan konstruksi, fungsi gerak, dan nilai estetika. Dengan demikian, hasil renovasi rumah hasil kerjasama Anda dengan penyedia jasa renovasi hunian yang disewa bisa menghasilkan hunian 2 lantai yang nyaman untuk ditempati bersama keluarga tercinta.

4. Memperkirakan Kondisi Pencahayaan Ruangan
Selain sirkulasi, perkirakan juga kondisi pencahayaan kedua ruangan, terutama ruangan lantai 1 yang atapnya ditutupi oleh bangunn lantai 2. Pastikan jika ventilasi serta jarak antara lantai 1 dan 2 memang memadai dan tidak membuat ruangan di lantai 1 menjadi lembap karena kekurangan cahaya.
Pencahayaan ini juga dipengaruhi oleh luminasi atap atau penerapan warna cat yang digunakan untuk interiornya. Jika ingin rumah Anda terlihat terang, maka pilih warna cat yang juga terang, contohnya putih. Bentuk atap juga bisa didesain sedemikian rupa sehingga bisa menyerap cahaya dari luar, terutama pada siang hari.

5. Bujet yang Dibutuhkan untuk Renovasi
Persiapan ini jangan Anda lewatkan karena keberhasilan dari mengubah rumah 1 lantai menjadi 2 lantai dipengaruhi pula oleh ketersediaan bujet. Jika bujetnya terbatas, Anda bisa mendiskusikan jalan ke luar terbaik dengan penyedia jasa renovasi hunian.

Penyedia jasa terbaik biasanya memiliki banyak penawaran terbaik dengan harga yang bervariasi. Jadi, bukan hal mustahil jika selanjutnya Anda bisa menemukan desain baru yang tidak kalah cantik berikut kesesuaiannya dengan bujet yang tersedia.

Persiapan bisa lebih Anda matangkan dengan memanfaatkan penyedia jasa renovasi rumah. Caranya, diskusikan terlebih dahulu rencana dan keinginan Anda sehingga hunian yang direncanakan memang sesuai impian. Penyedia jasa terbaik yang sangat direkomendasikan adalah Sejasa, yaitu yang bisa dihubungi melalui laman resminya di sejasa.com.
5 Persiapan saat Ingin Renovasi Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai 5 Persiapan saat Ingin Renovasi Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai Reviewed by Aneka Resep on 16.46 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.